Rabu, 24 September 2008

Berangkat Umroh dari Qatar


Untuk berbagi pengalaman perjalanan Umroh dari Qatar. Yang jelas berbeda jika berangkat dari Saudi. Dari Qatar memerlukan VISA untuk masuk ke Saudi . Namaya VISA UMROH. Kebetulan pada musim panas kemarin tepatnya bulan Agustus sebulan menjelang puasa terlalu banyak warga Qatar yang akan berangkat Umroh, jadi untuk me Apply visa harus satu bulan sebelum berangkat.

Saya berangkat Umroh tanggal 6 Agust 2008 sampai 17 Agustus 2008 dan sudah me apply Visa dari bulan July.

Di Qatar ada salah satu Agency yang melayani kita untuk berangkat umroh nama nya DOHA TRANSPORT, rata2 warga Indonesia banyak yang menggunakan Agency ini bahkan untuk HAJI. Sewaktu saya umroh mengunakan agency ini cukup membayar QR 900/orang, dan QR100 untuk bayar VISA anak saya.

Biaya tersebut untuk apply VISA, Tranportasi pp dengan menggunakan Bis dan biaya penginapan di Hotel dengan perjalanan 11 hari total, 6 hari di Mekkah, 3 hari di Madinah, sisanya perjalanan. Karena dengan bis jadi kita bercampur dengan warga negara lain, kebetulan sewaktu saya berangkat ada 2 keluarga warga Indonesia dengan saya, namanya Bpk. Ahmad Nawawi yang bekerja di QP orang Medan .
Tetapi banyak juga warga Indonesia di Qatar berangkat mengendarai kendaraan sendiri dan convoi.
Berangkat dari Doha pagi dan sampai di Miqot sebelum subuh besoknya, setelah subuh berangkat ke Kota Mekkah dengan sudah berpakaina ihram dan sampai jam 08 pagi di Mekah, setelah memasukan barang barang ke Hotel, langsung ke Masjidil Haram untuk melaksanakan ibadah umroh.
Selesai melaksanakan ibadah Umroh, hari berikutnya saya berziarah ke Jabbar Tsur, Jabbar Nur, Jabbar Rahmah di Arofah, Gua Hira', dan Mina tempat lempar jumroh.
Di Mina sekarang perenofasian tempat lempar jumroh seperti foto di bawah ini, tempat tersebut sedang di perluas dan di bangun menjadi 3 tingkat.

Di Majidil Haram dan sekitarnya saat ini dalam renofasi, jadi banyak hotel2 dan tempat belanja sekitarnya di bongkar. untuk mencari makan makanan Indonesia agak jauh dan susah, tapi kebetulan saya bertemu seorang bapak menawarkan catering makan buat kami namanya Bapak HALI orang Rangkas Bitung sejak tahun 1977 sudah menetap di Mekah, jadi dia membuat catering dan mengantar makan ke tamu Hotel orang Indonesia karena restoranya digusur, harga per porsinya SR 7.- kalau ada teman2 yang akan ke Mekkah jika tertarik catering dgn bapak HALI ini no HP +966507657094 nya.

Di Madiah saya berziarah ke Mesjid Qiblatain, Mesjid Kubah dan Mesjid Bukit Uhud. Sampai Magrib di Madinah, tengah malam kir2 jam 12 malam Jumat saya berziarah ke Makam Rasulullah di Mesjid Nabawi, dan sholat di Raudhah.
Selama 3 hari saya berada di Madinah.



Demikian sedikit perjalanan saya sewaktu ibadah umroh, semoga InsyaAllah ada cerita baru berikutnya dari KHAIRUL, DWI, TEGUH dan WARYANTO juga teman2 di ASC dan PVC khususnya.
(by dedy h)

Tidak ada komentar: